Perlukah apel untuk mahasiswa dan mahasiswi perguruan tinggi?

Perlukah  apel untuk mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi?


           

            Pertanyaan ini kenapa saya pertanyakan, karena memang saya akan membahas apel yang ada di perguruan tinggi ini, apel itu tepatnya kayak upacara loh, bagi yang belum ngerti , hehe tapi saya rasa semua udah pada tau deh.
Namun yang jadi pertanyaan saya lagi, apakah semua perguruan tinggi di Indonesia masih ada yang menerapkan apel?Biar saya jawab sendiri. Ada, tepatnya di perguruan tinggi tempat saya kuliah yaitu Politeknik Negeri Lampung. Lalu di tempat lain apa masih ada apel?  Mungkin ada tapi saya kurang tau perguruan tinggi mana saja.      

Apel? Hari gini perguruan tinggi masih apel? Emangnya kayak sd, smp atau sma? Itulah pertanyaan yang sering terdengar dari beberapa orang yang mendengar kalau di perguruan tinggi saya masih ada apel. Walaupun sebenarnya pertanyaan itu terdapat unsur mengejeknya, Yaitu saya anggap sebagai argumen setiap orang, apalagi orang-orang yang sudah mulai dewasa memang terkadang suka meremehkan hal-hal yang dianggap tidak terlalu penting oleh mereka sendiri.

Sekarang saya mau mengungkapkan argumen saya sendiri mengenai apel ini, ya apel memang masih saya rasakan di kampus saya, sebagai seorang mahasiswi yang normal, siapa coba yang tidak mengeluh kalau masih ada apel, saya juga begitu, apalagi apel ini dilakukan 2 kali dalam seminggu,hari senin dan hari jumat untuk apel keseluruhan dan apel jurusan, padahal di sekolah saja, upacara Cuma sekali dalam seminggu. Males kan, pagi-pagi itu enaknya buat tidur, nyantai ataupun bersih-bersih di kosan, apalagi buat yang masuk kuliahnya siang, hadeh....pagi-pagi harus mandi buru-buru dan harus sudah ada dikampus buat mengikuti apel tepat pukul 07:00, habis apel gak ada jam akhirnya pulang, kan sia-sia banget waktunya. Haha...eits....itu adalah pendapat normal saya sebagai mahasiswi, tapi kalau pendapat bijak saya adalah, apel itu bagus, baik untuk kesehatan haha, terutama apel itu bisa meningkatkan kedisiplinan mahasiswa-mahasiswi dalam perguruan tinggi itu sendiri. Apalagi mahasiswa-mahasiswi itukan sebenarnya sudah dewasa, namun kebanyakan orang ketika sudah dewasa sifat buruknya malah semakin meningkat salah satu sifat pemberontaknya, karena mungkin dia merasa sudah bisa menentukan keputusannya sendiri. Nah apel ini bagus nih buat tipe-tipe mahasiswa-mahasiswi pemberontak hehe...

Bisa dibilang kuliah itu adalah tahap akhir dalam pendidikan untuk bisa sampai ke dalam dunia kerja, nah itulah mengapa kedisiplinan itu penting untuk kita pelajari ketika kita masih di bangku kuliah, penting banget. Dalam dunia kerja kita tidak bisa semena-mena, kecuali kalau jadi bos hehe, ups jadi bos pun juga gak boleh seenaknya sendiri dong, kalau seenaknya sendiri bisa-bisa bangkrut perusahaan bapak haha.

Untuk bisa mencapai kemakmuran di masa depan salah satunya adalah menjunjung tinggi kedisplinan itu sendiri teman-teman, dan disiplin harus kita pelajari sejak dini dan melatih diri agar sikap itu mengakar didalam diri kita. Dengan begitu kita dimanapun kita berada kita akan terbiasa dengan budaya disiplin tersebut, kalau dalam kerjaan kita disiplin, jujur dan cekatan, bos kan jadi suka dan jaminan naik jabatan itu udah di depan mata.Hehe topiknya masih di apel kan? Oke. Salah satu fungsi apel kan untuk melatih kedisiplinan mahasiswa-mahasiswi yang nantinya akan turun di dunia kerja, jadi apel sama kedisiplinan itu udah kayak saudara kembar yang saling melengkapi, hehe.  Tapi mengapa perguruan tinggi di negara kita  ini banyak yang meniadakan apel? ya mungkin karena dengan banyak alasan mengapa perguruan tinggi meniadakan apel.

Sekarang saya mau curhat dulu nih soal kampus saya, kampus saya memang bukan perguruan tinggi idola, tapi perlahan-lahan saya mulai bangga dengan kampus saya ini, salah satunya karena dengan masih adanya apel di perguruan tinggi saya ini. Menurut cerita yang saya dengar dari direktur Politeknik Negeri Lampung, awal-awal perguruan tinggi ini di dirikan, apel dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari dan jika tidak apel atau telat akan dikenakan sangsi. Tapi entah mengapa sekarang hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu hanya pada pagi hari saja (tapi ada senengnya juga sih, kalok apel tiap hari pagi dan sore kan ya tepar juga jadinya, apalagi kalok sering telat atau gak ikut apel sangsinya bisa-bisa menggunung).

Padahal dari testimonasi mahasiswa-mahasiswi yang udah jadi alumni mengungkap kan bahwa apel yang dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari ini sangat manjur bagi karir mereka, mereka yang merasakan apel rutin itu kini sudah banyak yang sukses dengan bermacam-macam jabatan di tempatnya bekerja, itu semua berkat kedisiplinan mereka dalam bekerja. Banyak alumni yang menyayangkan kenapa apel di Politeknik Negeri Lampung ini di pangkas menjadi hanya 2 kali dalam seminggu.  (kalau menurut saya, mungkin supaya tidak merepotkan dan membuat mahasiswa-mahasiswinya mengeluh, orang apel 2 kali dalam seminggu aja sudah banyak yang mengeluh). Tapi untuk alasan pastinya saya kurang tau.Tapi yang pasti apel ini bagus,perlu dan penting untuk melatih kedisiplinan mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi, dengan apel kedisiplinan tersebut akan menjadi kebiasaan yang alamiah dalam diri kita. HIDUP APEL. Hehe....

Oke sekian dulu deh curhatnya....kalau ada waktu bisa dilanjutkan lagi, tapi kalau postingan ini gk penting, gak fenomenal, gak wow jangan dihujat ya.... aku mah apa atuh.... penulis amatiran yang bercita-cita jadi penulisan novel tapi gak suka nulis dan gak suka baca.... haha malah curhat lagi. Oke sekian terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROSES PERKECAMBAHAN BENIH SECARA FISIOLOGI

GERAK PADA TUMBUHAN